Tanda-Tanda Terjelas Memasuki Lailatul Qadar, Yuk Amalkan!

Generousway.com – Lailatul Qadar, yang pasti di tunggu-tunggu oleh semua umat muslim di dunia yang hanya ada di setiap bulan Ramadhan. Tentu ada alasan kenapa Lailatul Qadar ini ditunggu-tunggu yaitu Malam Qadar adalah lebih baik daripada seribu bulan. Coba kalian bayangkan, kalian beribadah di malam itu pahala kalian setara lebih dari seribu bulan, apa itu tidak menggiurkan?

malam lailatul qadar, tanda-tanda lailatul qadar

Semakin dicari dan ditunggu malam Lailatul Qadar, umat muslim pun terbiasa menebak jatuhnya di tanggal berapa di bulan Ramadhan itu. Padahal itu salah karena memang Allah SWT lah yang mengetahui dan berkehendak atas turunnya malam Lailatul Qadar. Namun ada beberapa ulama dan ustad yang memberikan tanda-tanda akan datangnya malam Lailatul Qadar.

 

Sabda Rasulullah SAW

Sesuai yang di katakan Ibnu Abbas RA bahwa tanda lainnya, yaitu udara dan suasana pagi yang tenang. “Rasulullah SAW bersabda, “Lailatul Qadar adalah malam tenteram dan tenang, tidak terlalu panas dan tidak pula terlalu dingin, esok paginya sang surya terbit dengan sinar lemah berwarna merah”. Dan hadits yang menguatkan dari Ubay bin Ka’ab radliyallahu’anhu, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda. “Keesokan hari Lailatul Qadar matahari terbit hingga tinggi tanpa sinar bak nampan.” (HR Muslim).

Tanda lainnya seperti yang dialami sahabat Nabi  yaitu Ibnu Umar RA bahwa beberapa orang dari sahabat Nabi SAW diperlihatkan Lailatul Qadar dalam mimpi (oleh Allah SWT) pada tujuh malam terakhir (Ramadhan) kemudian Rasulullah  SAW berkata, ”Aku melihat bahwa mimpi kalian (tentang Lailatul Qadar) terjadi pada tujuh malam terakhir. Maka barang siapa yang mau mencarinya maka carilah pada tujuh malam terakhir.” (HR Muslim).

Baca juga: Hukum Onani Saat Puasa Bikin Batal?

 

Perkataan Para Tokoh Agama Islam

Seperti ucapan Ustadz Ahmad, Lc MA, dalam bukunya “Jaminan Mendapat Lailatul Qadar” mengatakan di antara tanda seorang hamba mendapatkan Lailatul Qadar adalah merasakan kelezatan ibadah pada malam harinya. Rasulullah SAW mengabarkan malam tersebut datang pada malam-malam ganjil Ramadhan.

“Ada juga pendapat yang mengatakan bahwa ciri Lailatul Qadar adalah bila orang-orang yang beribadah pada malam tersebut merasakan lezatnya ibadah, ketenangan hati dan kenikmatan bermunajat kepada Rabb-nya tidak seperti malam-malam lainnya,” kata Ustadz Ahmad.

Namun, dari sekian banyak riwayat yang menunjukkan bahwa malam Lailatul Qadar ini mempunyai tanda dan alamat yang bisa diketahui dan dirasakan, tidak berarti bahwa setiap orang dapat mengatahui dan merasakannya.

 

Kutipan Dari Imam Ath Thabari

Mengetahui tanda malam Lailatul Qadar merupakan hal yang tidak pasti karena semua orang berbeda untuk merasakannya. “Itu (tanda-tanda Lailatul Qadar) tidak mesti, seorang Muslim bisa saja mendapatkan malam mulia tersebut dan ia tidak melihat atau mendengar sesuatu dari tanda-tanda itu,” ucapnya.

 

Semua kutipan dan pernyataan diatas adalah tanda-tanda yang belum pasti juga karena Lailatul Qadar adalah rahasia Allah SWT. Namun kita sebagai umat muslim yang taat kepada-Nya lebih baik melaksanakan ibadah dari awal bulan Ramadhan sampai akhir. Jadi tidak hanya mengincar Lailatul Qadar nya saja.

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.