6 Cara Meringankan Hp Android

Generousway.com – Cara Meringankan Hp Android | Salah satu hal yang membuat tidak nyaman saat menggunakan hp android adalah ketika hp android tersebut menjadi sangat lambat dalam melakukan akses aplikasi atau data yang dibutuhkan. Kondisi ini umumnya terjadi ketika hp android sobat terpasang sangat banyak aplikasi yang menyebabkan penggunaan RAM menjadi besar. Inilah yang menyebabkan hp android sobat terasa sangat berat saat melakukan akses aplikasi atau pun untuk membuka data lainnya.

Namun, sobat tidak usah khawatir, Karena pada artikel ini akan dibahas mengenai cara meringankan hp android, agar kembali cepat dalam melakukan akses aplikasi dan file data lainnya.

1. Hindari memasang aplikasi penghemat baterai

Yaa benar, meskipun sepintas terlihat bahwa aplikasi-aplikasi yang beredar sebagai aplikasi penghemat baterai tersebut mampu menon-aktifkan aplikasi di belakang layar dan menghilangkan cache bekas penelusuran, namun aplikasi-aplikasi tersebut juga memunculkan iklan yang juga dapat memberatkan memori ponsel android sobat.

 

2. Nonaktifkan mode selalu hidup yang biasanya ada pada jam

Sebenarnya, fitur ini memudahkan sobat untuk selalu melihat jam tanpa mengaktifkan layar hp. Namun, dengan terus munculnya fitur ini, ia juga menyerap daya hp yang besar karena berlangsung sepanjang hari. Matikan fitur ini melalui setting > Display > date and time.

 

3. Bersihkan aplikasi yang berjalan di belakang layar secara berkala

Jika sobat merasa bahwa hp android sobat terasa sangat cepat kehabisan daya, maka periksaalah penggunaan daya pada hp sobat melalui setting aplikasi. Bersihkan hp sobat secara berkala dari aplikasi yang selalu aktif di balik layar. Periksa aplikasi mana saja yang belum dibutuhkan atau jarang sekali digunakan, lalu hapus semua aplikasi yang jarang dipakai tersebut. Hal ini akan membantu secara efektif untuk mengurangi daya yang digunakan dan RAM yang terpakai.

Cara melakukan hal ini cukup mudah, buka setting > batteray > hentikan aplikasi. Lewat fitur ini juga sobat akan mendapatkan data mengenai aktivitas apa saja yang menggunakan baterai hp android sobat dalam jumlah yang besar.

4. Nonaktifkan wallpaper langsung (live wallpaper)

Live wallpaper adalah fitur yang menambah nilai keindahan tampilan pada hp android sobat, namun di balik semua itu, jika sobat menggunakan fitur ini, akan sangat besar daya hp sobat yang digunakan. Jika sobat merasakan bahwa daya hp sobat cepat berkurang, maka bisa dipastikan bahwa fitur ini adalah salah satu pengguna daya terbesar di balik semua itu.

Carilah wallpaper lain sebagai alternativenya, khususnya wallpaper yang ringan dan tidak menyerap banyak daya dari android sobat.

 

5. Simpan dan pindahkan file foto dan video ke laptop, pc, atau pun google drive

Salah satu hal yang membuat hp android sobat terasa berat dan lambat saat digunakan adalah karena memori hp dan RAM yang hamper penuh dengan berbagai file yang tersimpan di dalam memori. Jika sobat mengalaminya, maka salah satu solusinya adalah dengan memindahkan file berupa gambar dan video ke perangkat lain berupa laptop, pc atau pun google drive. Hal ini akan lebih meringankan kerja hp sobat, sekaligus akan membuatnya hemat daya.

 

6. Gunakan versi yang paling ringan dari setiap aplikasi

Saat ini, berbagai perusahaan aplikasi telah melakukan pengembangan aplikasi dengan mode lite, yaitu sebuah aplikasi yang sangat ringan, mudah dan cepat saat digunakan, misalnya facebbok lite, google chrome lite, twitter lite, dan lain-lain.

Cara diatas sudah terbukti dan bisa menjadi referensi anda jika merasa hp android kalian sudah merasa berat dan bisa diatasi dengan 6 cara meringankan hp android.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *